0399
Hubungi Kami

HERAN ZIYECH SEPI PEMINAT, OVERMARS: DIA MUNGKIN BERTAHAN DI AJAX

Ajax Amsterdam dengan sederet pemain mudanya tampil sensasional di musim 2018/2019. Meraih double di kancah domestik, de Godenzonen --julukan Ajax-- juga sukses mencapai babak semifinal di pentas Liga Champions.

Tak ayal, sederet 'permata' Ajax pun menjadi komoditi panas di bursa transfer musim panas 2019. Frankie de Jong sudah diakuisisi Barcelona, sementara Matthijs de Ligt selangkah lagi diyakini bakal menjadi milik Juventus.

Nama-nama macam David Neres, Donny van de Beek dan Andre Onana pun kerap jadi bahan spekulasi di jendela transfer musim panas ini.

Namun, hal berbeda terjadi pada winger Hakim Ziyech. Diakui Direktur Olahraga Ajax, Marc Overmars, pemain internasional Maroko itu sepi peminat di musim panas ini.

Ziyech memang lebih 'senior' dibanding nama-nama yang disebut di atas, di mana usianya saat ini 26 tahun. Meski demikian, dengan kualitas yang dimilikinya, Overmars mengaku heran tak ada klub yang benar-benar ngotot untuk menggaet sang winger.

Sebagai informasi, Ziyech terpilih sebagai 'Player of the Season' Ajax alias pemain terbaik versi internal klub untuk musim 2018/2019 lalu.

Pemilik 28 caps bersama Timnas Maroko itu masih terikat kontrak hingga musim panas 2021 di Johan Cruijjf ArenA --markas Ajax.

Semenjak digaet dari FC Twente pada musim panas 2016 dengan banderol 10 juta pounds, Ziyech memang selalu jadi andalan Ajax di sektor sayap.

Di musim 2018/2019, pemain jebolan akademi Heerenveen itu secara luar biasa mengemas 21 gol plus 24 assist bersama Ajax dari 49 laga di semua ajang.

Menurut laman Transfermarkt, market value Ziyech saat ini ada di kisaran 32 juta pounds.

Beberapa waktu lalu, Ziyech sempat dihubungkan dengan Bayern Munich. Namun, kabar ketertarikan Bayern akhirnya menguap begitu saja.

Dan belum lama ini, Arsenal dilaporkan cukup berminat meminang Ziyech. Namun, seperti diklaim jurnalis media ternama BBC Sport, David Ornstein, kubu Arsenal rupanya mundur teratur karena 'galau' terkait bujet transfer mereka di musim panas ini, yang diyakini memang kecil, yakni 45 juta pounds saja.

Overmars pun sedikit menyinggung soal link Ziyech - Arsenal ini. Overmars menyayangkan Arsenal tak jor-joran demi mendatangkan Ziyech.

Padahal menurut Overmars, Ziyech memiliki kualitas di atas bintang Arsenal, Mesut Ozil.

"Saya cukup heran dengan situasi Hakim. Pemain dengan kualitas seperti dirinya, rumor soal masa depannya masih adem ayem saja di bursa transfer musim panas ini," buka Overmars kepada Voetball International.

"Sangat disayangkan memang, namun faktanya ia masih sepi peminat. Dan saya pikir cukup besar kemungkinan ia akan bertahan di Ajax," sambung mantan pemain Ajax yang juga pernah memperkuat Arsenal pada 1997-2000 itu.

"Soal ketertarikan Arsenal, saya tak bisa berkomentar banyak. Namun, yang pasti Hakim lebih bagus dari Mesut Ozil," celoteh Overmars.

"Saya hanya bisa mengungkapkan jika saya telah memberitahu kubu Arsenal bahwa mereka sebaiknya menjual Ozil. Dan dari uang tersebut, mereka bisa mendapatkan Hakim dengan setengah harga Ozil. Tapi mereka tak mendengarkan saya," ungkapnya.